Jika dulunya masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor, setiap tahunnya akan direpotkan dengan pengurusan membayar pajak motor atau istilah lainnya adalah perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dengan cara mendatangi langsung kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT), sekarang ini pengurusan perpanjangan STNK tak lagi seperti itu, sebab pelayanan dalam pembayaran pajak STNK ini kini dapat dilakukan via transaksi elektronik. Bahkan saat ini, di beberapa wilayah di Indonesia telah memberikan pelayanan Samsat online, termasuk dalam hal ini adalah Samsat online Jakarta.

Sehingga masyarakat pemilik kendaraan bermotor kini sudah tidak perlu buang-buang waktu untuk mendatangi kantor Samsat, mengantri hingga berjam-jam serta bisa sekaligus menghindari calo yang sering menawarkan jasa pengurusan STNK dengan patokan harga yang tinggi. Bahkan pemerintah terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan pada masyarakat melalui inovasi terbaru dari Dinas Pendapatan Daerah yang menerima pembayaran perpanjangan STNK secara online via ATM namun masih terbatas hanya pada beberapa provinsi di Indonesia saja. Seiring berkembangnya teknologi, kini masyarakat dapat menikmati layanan Samsat online yang mana memberikan sejumlah layanan pembayaran terkait pajak kendaraan, di antaranya:

  • Kendaraan bermotor dalam keadaan pengesahan STNK 1 tahun.
  • Kendaraan bermotor tidak ganti STNK.

Baca: Mari Nikmati Ragam Promo Kartu Kredit Bank Mega

  • Kendaraan bermotor keadaan tidak dilengkapi dengan BPKB serta KTP pemilik asli serta STNK.
  • Kendaraan bermotor tidak terlambat lebih dari 1 tahun.
  • Kendaraan bermotor tidak dalam keadaan hilang atau rusak, lapor jual, laka maupun kriminal.

Adanya layanan Samsat online ini diharapkan ada 2 manfaat yang dapat diambil dari kedua pihak yaitu :

  • Bagi Samsat: Samsat online menyediakan data yang lebih akurat dan lebih up to date sehingga dapat dilihat realisasi dan penerimaan per UPT PPD maupun secara menyeluruh.
  • Bagi wajib pajak/pemilik kendaraan bermotor: memudahkan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan karena masih dapat membayar pajak kendaraan di kantor bersama Samsat mana saja selama masih dalam 1 provinsi. Contoh, jika Anda orang Bogor yang berdomisili di Jakarta, Anda tetap dapat melakukan transaksi pembayaran di Samsat online Jakarta dan sebaliknya.

Bagi masyarakat pemilik kendaraan bermotor yang tidak banyak memiliki waktu luang dan seringnya terpaksa menggunakan jasa calo maka Anda akan tertolong dengan adanya sistem perpanjangan STNK secara online ini. Bahkan sebelum diterbitkannya peraturan pembayaran transaksi elektronik, 3 wilayah yang terdiri dari Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten sudah lebih dahulu memberlakukan sistem perpanjangan STNK online. Sehingga jika Anda memiliki KTP Bekasi, Anda masih bisa mengurusnya di Samsat wilayah DKI Jakarta, hanya saja tak semua wilayah DKI Jakarta bisa diakses secara online, sementara hanya di wilayah yang meliputi Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur dapat mengakses online Samsat BSD, Cinere dan Cikokol.

Baca Juga: Macam-macam Bisnis Kuliner yang Sedang Marak di Tahun 2017

Sedangkan masyarakat yang bermukim di wilayah Banten di antaranya BSD, Ciledug, Cikokol, Ciputat serta Balaraja dapat memproses perpanjangan STNK di Samsat Online Jakarta Selatan dan juga Samsat Cinere. Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat yang terdiri dari Depok, Cinere dan Bekasi-Cikarang pengurusan perpanjangan STNK Anda dapat dilakukan di Samsat Jakarta Selatan, Samsat Cikokol dan Samsat BSD. Selain layanan Samsat online, Anda juga dapat memperoleh informasi lain terkait lokasi Samsat keliling dengan mengakses akun resmi Samsat via Twitter.