Penting bagi seseorang untuk memahami seluk-beluk dunia bisnis dan investasi yang akan ditekuni. Demikian juga jika anda memiliki keinginan untuk terjun ke dunia ia investasi saham. Anda harus eksta hati-hati dan paham betul cara investasi saham. Memang, imbal dari investasi jenis ini sangat menggiurkan. Akan tetapi, resikonya pun sangat besar bila ada tidak memahami dengan baik cara investasi di dunia saham.

Tingkat risiko yang tinggi membuat banyak orang berpikir bahwa saham adalah wilayah para investor profesional. Pemikiran seperti itu tidak sepenuhnya benar. Para profesional dulunya juga merupakan investor awam. Melalui pengalaman, akhirnya mereka jadi profesional yang mampu meraih keuntungan besar melalui saham.

Berbeda dengan produk investasi deposito yang risikonya terbilang kecil, investasi saham merupakan yang paling tinggi risikonya dibandingkan investasi reksa dana lainnya. Karena itu, investasi ini lebih dianjurkan untuk orang-orang yang berencana menanamkan modalnya untuk jangka waktu yang lama, minimal 5 tahun. Reksa dana saham adalah solusi belajar cara investasi saham bagi mereka para pemula yang khawatir dengan risiko kerugian. Reksa dana saham menawarkan investasi tanpa risiko. Berikut ulasannya.

Modal awal yang sangat kecil

Bagi para pemula, reksa dana saham menawarkan kemudahan bagi para calon investor yang ingin tahu cara belajar investasi reksa dana saham. Tidak perlu modal besar untuk memulainya. Hanya dengan modal mulai dari Rp100.000, kita sudah bisa memulai investasi saham di reksa dana. Modal tersebut memang tidak akan cukup. Perlu waktu lama mendapatkan keuntungan yang berarti. Perhitungan keuntungan yang kita dapat dengan modal tersebut sangat kecil. Tapi dengan uang itu kita bisa mempelajari mekanisme berbisnis melalui reksa dana saham. Begitu gambaran cara investasi saham sudah dipahami, baru kita bisa merogoh kocek lebih dalam untuk berinvestasi.

Menggunakan Manajer

Tidak perlu terlalu pintar untuk terjun di dunia investasi saham, karena kita bisa memilih manajer investasi. Manajer investasi akan membantu sepenuhnya pengelolaan saham para investor. Investor yang sangat awam sekali pun tetap bisa berinvestasi aman dengan bantuan para manajer investasi ini. Manajer investasi dipekerjakan oleh investor. Bila kinerjanya tidak memuaskan, investor dapat menggantinya dengan manajer investasi lain.

Pelajari Cara Kerja Reksa Dana Saham

Walaupun kita bisa memulai dengan jumlah uang yang sangat kecil dan menggunakan jasa manager investasi, ada baiknya mengetahui cara kerja investasi reksa dana saham. Sehingga kita bisa mempelajari strategi investasi saham reksa dana secara lebih efektif. Memang butuh waktu yang lama untuk menguasai jenis investasi ini. Bahkan bisa dikatakan, investasi saham membutuhkan pembelajaran terus menerus.
Karena harga saham bergerak naik turun dengan cepat. Diperlukan pembacaan situasi dan prediksi yang cermat di sini. Faktor “intuisi” menjadi sangat penting. Intuisi untuk membaca pergerakan saham bisa kita dapatkan dari pembelajaran dan pengalaman cukup lama. Secara perlahan, para investor pemula semakin awas dengan naik turunnya harga saham dan paham kapan harus membeli maupun menjual sahamnya.

Tetapkan Target

Naik turunnya harga saham yang sangat cepat inilah yang membuat kita perlu konsisten. Tetapkan target investasi sejak awal. Jika harga saham sudah naik sesuai dengan target kita, segera jual. Tidak masalah jika masih ingin menunggu, asalkan memang kita sudah benar-benar telah memperhitungkan dengan cermat.
Kalau tertarik dan sudah paham dengan cara investasi saham, jangan ragu segera mulai belajar dengan modal kecil.