Berhutang memang menjadi salah satu pilihan banyak orang ketika ia sedang membutuhkan dana mendesak. Namun, memiliki banyak hutang sebenarnya akan membuat seseorang memiliki masalah besar dalam hidupnya. Saat ini banyak perusahaan pemberi hutang seperti bank. Masyarakat banyak yang memanfaatkan bank ketika sedang membutuhkan sejumlah dana. Akan tetapi mereka semua tidak mengetahui bagaimana cara melunasi hutang bank dengan baik? Agar tidak terlilit hutang maka seseorang perlu menghindari beberapa hal berikut ketika masih dalam masa kredit atau berhutang:

  • Tunda niat ambil kredit lain,

Ketika masih dalam masa kredit artinya Anda masih memiliki hutang maka jangan pernah berniat untuk mengambil kredit lain. Lunasilah kredit terlebih dahulu sebelum mengambil kredit baru.

Baca Juga : Modal untuk Menjalankan Bisnis UKM Bagi Pemula

Melunasi Hutang Bank

  • Lunasi pinjaman terlalu cepat,

Bisa melunasi hutang dengan cepat memang impian semua orang, namun juga hutang tersebut dilunasi dengan waktu yang sangat cepat maka akan membuat Anda rugi besar karena perusahaan atau bank pemberi hutang akan membebankan biaya tambahan yang begitu besar pada Anda jika Anda melakukan pelunasan dengan cepat.

  • Melunasi dengan mengambil kredit baru,

Jangan pernah Anda melakukan pelunasan hutang dengan cara mengambil kredit baru karena hal tersebut sama saja dengan gali lubang tutup lubang dan masalah hutang tidak akan selesai.

kta dbs

Langkah Cara Melunasi Hutang Bank

Bagi seseorang yang terlanjur memiliki hutang besar dan sedang mencari jalan keluar untuk melakukan cara melunasi hutang bank, maka beginilah cara-cara yang harus dilakukannya:

1. Mulai menyusun anggaran,

Ketika Anda berniat untuk bisa melunasi hutang-hutang yang ada di bank, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mulai menyusun anggaran keuangan keluarga. Tulislah secara rinci laporan keuangan Anda dengan pemasukan dan pengeluaran secara benar. Pastikan Anda bisa menyisihkan sebagian uang untuk digunakan dalam melunasi hutang.

2. Kurangi hutang dengan bertahap,

Jika total hutang yang ada di bank memiliki jumlah yang cukup besar maka kurangilah hutang tersebut dengan cara bertahap. Lakukanlah pembayaran hutang secara bertahap agar hutang dapat terlunasi sedikit demi sedikit. Apabila Anda sedang memiliki uang lebih maka bayarlah hutang dengan lebih juga sehingga hutang dapat berkurang.

3. Prioritaskan pembayaran,

Jika Anda memiliki banyak hutang di bank maka bayarlah hutang yang memiliki nominal kecil terlebih dahulu dan ketika itu baru membayar hutang yang besar. Atau jika ada hutang yang memiliki bunga yang sangat besar maka lunasilah hutang tersebut terlebih dahulu agar tidak menjadi beban pikiran.

4. Jangan menutup hutang dengan hutang lain,

Janganlah sekali-kali Anda melakukan pembayaran hutang dengan cara mengambil hutang lain untuk melunasi hutang lama Anda.

5. Tutup kartu kredit,

Apabila Anda memiliki kartu kredit, sedang Anda sedang terjerat hutang yang cukup besar maka tutuplah kartu kredit tersebut agar Anda tidak dapat menggunakannya karena menggunakan kartu kredit hanya akan menambah jumlah hutang pada bank. Jika perlu, tutuplah kartu kredit itu dengan mendatangkan bank pemberi kartu kredit untuk pengajuan penutupan atau Anda bisa mempensiunkan kartu kredit di rumah artinya kartu tersebut tidak lagi digunakan. Anda juga bisa menggunting kartu kredit jika benar-benar ingin terbebas dari hutang.

Baca Juga : Pinjaman 1 Hari Cair, Banyak Keuntungan yang Akan Anda Dapatkan!

Jadi, inilah cara melunasi hutang bank yang mudah untuk dilakukan jika Anda benar-benar berniat untuk melunasi hutang tersebut. sesungguhnya, hutang harus segera dilunasi agar tidak terjadi masalah besar di kemudian hari.