Banyak cara mudah untuk melakukan cek saldo jamsostek yang telah kita bayarkan setiap bulannya.

Cek saldo Jamsostek – Tahukah Anda jika ternyata kini PT. Jamsostek telah berubah naman menjadi BPJS Ketenagakerjaan? Transformasi nama tersebut telah diatur sesuai dengan UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS yang merupakan lembaga pemerintahan yang telah dibentuk dengan tujuan sebagai penyelenggara program jaminan sosial seluruh Indonesia yang juga diatur dalam UU No. 40 Tahun 2004 tentang SJSS (Sistem Jaminan Sosial Nasional). Begitu juga PT. Askes Indonesia kini juga bertransformasi nama menjadi BPJS Kesehatan. Lantas bagaimana dengan jumlah iuran JHT (Jaminan Hari Tua) yang telah dibayarkan sepenuhnya ke Jamsostek? Tenang saja, jika Anda selama ini melakukan penyetoran iuran JHT pada Jamsostek janganlah khawatir karena dipastikan saldo Jamsostek Anda tidak akan hilang dan tetap utuh. Saldo JHT Anda tetap aman di BPJS Ketenagakerjaan.

Persamaan BPJS Ketenagakerjaan Dengan PT Jamsostek:

  1. BPJS Ketenagakerjaan dan Jamsostek sama-sama merupakan instansi pemerintah yang menyelenggarakan jaminan sosial. Berdasarkan FSS (Funded Sosial Security), jaminan sosial tersebut sepenuhnya di danai oleh para peserta pekerja sektor formal.
  2. BPJS Ketenagakerjaan dan Jamsostek juga memiliki program JHT (Jaminan Hari Tua), JKK (Jaminan Keselamatan Kerja) dan JK (Jaminan Kematian).

Perbedaan BPJS Ketenagakerjaan dan PT Jamsostek:

  1. PT Jamsostek mempunyai program JPK (Jaminan Pemeliharaan Kesehatan) sehingga bisa digunakan para pegawai atau karyawan beserta keluarga untuk berobat. Sementara itu, BPJS Ketenagakerjaan ternyata tidak bisa digunakan para pekerja untuk berobat karena BPJS Ketenagakerjaan tidak mempunyai JPK (Jaminan Pemeliharaan Kesehatan). Hal ini dikarenakan JPK dari PT Jamsostek telah bertransformasi nama menjadi BPJS Kesehatan. Dengan begitu, para pekerja yang terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan dan ingin menggunakan layanan BPJS sebagai penjamin kesehatan maka harus daftar terlebih dahulu menjadi peserta di lembaga BPJS Kesehatan.
  2. Program dari BPJS Ketenagakerjaan sekarang ini terdapat tambahan satu jenis program lagi yakni program JP (Jaminan Pensiun) yang sebelumnya memang tak ada pada program dari PT Jamsostek.

Cek Saldo Jamsostek Dengan Mudah Secara Online:

Program pemerintah dari PT Jamsostek yang saat ini sudah berubah menjadi lembaga BPJS Ketenagakerjaan tersebut merupakan penjamin kemakmuran dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia khususnya mereka yang sudah menginjak usia masa pensiun atau usia tidak produktif. Dengan demikian, saldo Jamsostek bisa Anda ambil saat Anda tidak lagi bekerja di sebuah perusahaan tersebut. Sebenarnya saldo Jamsostek yang Anda miliki tersebut terkumpul hasil dari pemotongan gaji Anda yang setiap bulannya dilakukan potongan untuk JHT. Lantas apakah bisa saldo JHT tersebut dilakukan pengecekan agar bisa mengetahui jumlah saldo JHT yang kita miliki? Tentu saja bisa, karena kita memang memiliki hak untuk mengetahuinya. Selain itu, PT Jamsostek adalah lembaga terbuka dan bisa memberikan berbagai macam informasi termasuk juga saldo JHT yang kita miliki.

Nah, untuk bisa melakukan pengecekan saldo JHT secara online maka Anda harus mengaktifkan koneksi internet terlebih dahulu. Baru kemudian Anda ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Siapkan nomor KPJ Anda. Setelah itu, buka situs resmi http://www.jamsostek.co.id dan kemudian login dengan memasukkan user ID dan juga password Jika ternyata Anda belum memiliki akun atau belum terdaftar di situs Jamsostek maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan cara klik bagian “Sign Up”.
  2. Setelah itu, pilih anggota tenaga kerja dan klik “Setuju” di halaman Ketentuan Pemakaian Layanan Website Jamsostek. Isilah data Anda secara lengkap di lembar halaman yang tersedia. Lalu pilih “Daftarkan”.
  3. Setelah Anda selesai mendaftar, tunggulah balasan email konfirmasi atau pesan SMS lewat nomor handphone dari Jamsostek untuk melakukan aktifasi akun. Apabila Anda sudah menerima email konfirmasi akun, silahkan masukkan kodenya. Kemudian cek kotak masuk email Anda dan silahkan klik link aktifasi akun Anda yang tertera pada email Anda. Setelah itu, Anda bisa melakukan cek saldo JHT dengan menggunakan user ID dan juga password yang sudah Anda daftarkan.
  4. Untuk bisa mengetahui informasi tentang total saldo Anda pada Jamsostek, pilih “Buku JHT” pada bagian kanan pojok atas.

Selain dengan metode online, Anda bisa mengecek saldo JHT Anda dengan menggunakan metode lain. Berikut langkah-langkahnya:

  • Via ATM Bank BNI

Jika Anda seorang nasabah Bank BNI, jumlah saldo JHT Anda bisa dicek dengan mudah lewat ATM BNI. Para peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa melakukan cek saldo JHT kapan saja di ATM Bank BNI. Namun Anda hanya bisa mengecek atau mengetahuinya saja dan tidak bisa untuk mengambil saldo JHT tersebut.

  • Via Aplikasi Mobile BPJS Ketenagakerjaan

Pengguna smartphone android ataupun IOS bisa langsung download aplikasi mobile BPJSTK Mobile di apps store atau playstore secara free. Setelah itu, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu dan gunakan aplikasi tersebut sebagai alat cek saldo JHT dengan mudah dan dilengkapi beberapa fitur canggih didalamnya.

  • Via SMS

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan layanan internet, ada cara lain untuk bisa melakukan cek saldo JHT lewat layanan SMS. Cara ini paling mudah untuk Anda lakukan, hanya dengan menggunakan Nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) yang ada pada kartu BPJSTK Anda. Jadi, siapkanlah nomor KPJ Anda. Lalu daftarkan secara lengkap data Anda untuk bisa memperoleh nomor ID lewat pengiriman SMS dengan mengikuti format dibawah ini:

  1. REG#No KPJ#Tgl Lahir#Nama Ibu Asli. Kirim format SMS tersebut ke No. 08111009696.
  2. Jika format SMS Anda benar maka secara langsung Anda akan mendapatkan balasan tentang No. ID Anda. Setelah Anda berhasil mendapatkan Nomor ID maka secara langsung Anda bisa melakukan cek saldo JHT yang Anda miliki dengan format pengiriman sebagai berikut:

Saldo#No.ID kirim langsung ke No. 08111009696 dan secara langsung Anda akan memperoleh balasan jumlah saldo JHT yang Anda miliki.

  • Datang Langsung Ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Cara ini merupakan cara paling konvensional dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Namun Anda harus antri panjang sebelum Anda mendapatkan informasi saldo JHT Anda. Para peserta BPJSTK yang ingin melakukan cek saldo JHT, biasanya wajib menunjukkan identitas seperti KTP atau KK dan Kartu Peserta BPJSTK.

Mudah bukan cara cek saldo Jamsostek? Nah, sudahkah Anda melakukan cek saldo JHT? Jika belum, silahkan melakukan cek saldo JHT dengan berbagai macam pilihan cara seperti yang telah terpapar diatas dan nikmati semua kemudahan caranya. Sangat disarankan untuk melakukan cek saldo JHT secara online, terutama untuk Anda yang mempunyai tingkat kesibukan penuh dan tidak bisa mengecek saldo JHT lewat ATM atau datang langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Yuk buruan cek saldo JHT Anda sekarang? Semoga bermanfaat!