Sekarang ini media sosial bukan sekedar dijadikan sebagai media untuk bersosialisasi semata, namun ia juga bisa dijadikan sebagai tempat usaha. Populernya media sosial di kalangan masyarakat sudah pasti menjadi incaran pengusaha untuk melakukan ekspansi pada bisnis yang mereka lakukan karena jangkauan yang tidak terbatas. Trend berjualan melalui media sosial sekarang juga sudah merubah gaya hidup yang dimiliki masyarakat. Bukan hanya dinilai lebih praktis dan mudah, namun produk yang ditawarkan juga semakin menarik. Fitur canggih yang diberikan oleh setiap media sosial dipercaya bisa mempermudah proses promosi. Contohnya saja seperti Facebook dan Instagram. Dua media sosial ini sering digunakan untuk bisnis online.

Memang, dari sekian banyak media sosial, keduanya yang paling terkenal dan sering digunakan sebagai ajang promosi atau pun berjualan. Hal ini dipengaruhi jumlah pengguna aktif di kedua media ini yang lebih banyak jika dibandingkan dengan yang lainnya sehingga menjadikan keduanya sebagai media dengan jumlah akun paling banyak. di Indonesia, pengguna aktif dari Facebook sudah mencapai 88 juta pada tahun 2016, sedangkan untuk Instagram sejumlah 22 juta. Hal ini diperkirakan akan terus menerus mengalami penambahan. Keduanya sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum Anda mencoba menggunakan media sosial ini, lebih baik Anda mengetahui terlebih dulu tentang perbandingan antara keduanya.

Baca Juga : Mendapatkan Pinjaman, Kini Bisa Didapat dari Situs Kredit Online

Berikut berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh Facebook untuk bisnis online, antara lain:

  1. Image. Meskipun penggunaan gambar sekarang ini sudah begitu banyak diterapkan di berbagai macam media sosial, tetapi kelebihan dari upload image dari facebook ini kualitas gambarnya tidak berubah, jadi ketika Anda memasukkan gambar, gambar akan tetap terlihat jelas,
  2. Video. Fitur ini pada awalnya tidak begitu banyak digunakan oleh pengguna facebook, namun saat ini telah sering digunakan karena begitu ketatnya persaingan bisnis. Kelebihan adanya program ini, kualitas video tidak berubah bahkan tidak terdapat batasan durasi,
  3. Fanspage. Bisa dikatakan fanspage ini merupakan fitur yang paling baik dan dimiliki oleh Facebook untuk membuat akunnya juga sangat mudah. Salah satu persyaratannya ialah Anda harus memiliki akun pribadi di facebook.

Bagaimana dengan Instagram? Berikut berbagai serba-serbi Instagram untuk menunjang bisnis di dunia online, antara lain:

  1. Hashtag. Seperti keyword yang berada di dalam search engine, hashtag di Instagram memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda seperti di Twitter. Dengan menggunakan hashtag, pengguna dapat masuk di topik yang ia inginkan,
  2. Instastory. Fitur ini adalah fitur terbaru yang berada di instagram. Fitur ini merupakan fitur tambahan untuk mengedit gambar serta video.

Kelebihan dari media sosial facebook ini, Anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas mengupload konten entah gambar atau pun video. Walaupun demikian, menggunakan facebook dengan menggunakan tampilan mobile jauh lebih sulit karena peletakan button yang tidak semua secara langsung ditampilkan di homepage. Jadi, jika Anda berjualan menggunakan facebook untuk memaksimalkan penggunaan, gunakan pada PC dibandingkan mobile.

Baca Juga : Pemilik Mobil Wajib Mengetahui Asuransi Mobil Terbaik

Bagaimana dengan bisnis online melalui instagram? Beda dari facebook, untuk instagram, ia adalah media sosial yang penggunaan maksimalnya hanya dapat melalui smartp0hone. Bila langsung membukanya melalui PC, Anda tidak dapat upload foto serta video. Sampai sekarang ini belum terdapat plikasi yang bisa membantu memaksimalkan penggunaan instagram pada PC. Contohnya aplikasi tersebut dapat melakukan upload gambar dan video di instagram menggunakan PC. Jadi, bila Anda ingin berjualan menggunakan IG atau Instagram, alatnya hanya bisa menggunakan smartphone.