Kata – kata bijak seringkali disebut pula dengan kata – kata mutiara karena keduanya memiliki definisi atau makna yang serupa. Kata – kata mutiara atau kata bijak umumnya berisi tentang norma atau nilai – nilai kehidupan, yang dapat mengandung nilai persahabatan, cinta, pendidikan, atau nilai – nilai lainnya.

Kata – kata ini dapat didefinisikan sebagai sebuah atau kupulan kalimat yang mengandung makna atau nasihat tertentu yang dapat dijadikan sebagai motivator atau dorongan dari dalam diri bagi orang – orang tertentu. Anda tentu kenal dengan salah satu motivator Indonesia yang seringkali mengungkapkan kalimat bijak atau nasihat di dalam penyampaiannya, yaitu bapak Mario Teguh.

Baca juga: Menjalankan Franchise Bisnis Tiket Pesawat Bagi Pemula

Oleh karenanya, kata – kata ini pula dapat dikatakan secara umum bertujuan memberikan motivasi sebagai perbaikan diri sehingga dapat lebih bersemangat dan menikmati kehidupan. Berikut ini adalah penyampaian lebih mendalam mengenai fungsi dari kata – kata bijak yang dilengkapi dengan contoh dan maknanya.

Fungsi Kata – Kata Bijak

Kehidupan secara garis besar memiliki dua sisi, yakni baik dan buruk. Dalam kondisi yang baik, sudah barang tentu Anda diharapkan untuk memberikan nilai – nilai kebaikan pula. Namun, tantangannya adalah bagaimana dalam kondisi yang buruk sekalipun, Anda tetap dapat bersikap dan mempraktekkan nilai – nilai kebaikan dalam kehidupan?

Kata – kata mutiara atau kalimat yang bijak memang lebih mudah untuk dikatakan, karena layaknya nasihat yang terkadang berat untuk dilaksanakan namun mudah sekali diucapkan. Akan tetapi, setidaknya dengan adanya kalimat bijak atau kata – kata mutiara ini, sebagian orang akan menjadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam menjalani kehidupan dalam kondisi apapun.

Baca juga: 5 Bahan Makanan Termahal di Dunia yang Perlu Diketahui

Kata – kata Mutiara atau kalimat bijak memiliki makna yang tersirat dan hanya sebagian orang saja yang dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari – hari. Sebaik – baiknya kalimat bijak atau kalimat motivasi adalah yang mampu untuk dipraktekkan, bukan hanya sekadar diucapkan saja.

Karena hal ini berhubungan dengan tujuan diciptakannya kalimat bijak atau kalimat motivasi itu sendiri, yakni untuk mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

Kemudian, kata – kata mutiara atau yang bisa disebut dengan kalimat bijak ini juga dapat menjadi inspirasi yang memiliki suatu makna agar setiap langkah yang diambil dalam kehidupan ini nantinya hanya akan mengarah pada kesuksesan.

Bicara mengenai hidup, tidak selalu diisi dengan kebahagiaan, terkadang pula kenyataan yang menyedihkan harus diterima dengan lapang dada. Apabila seseorang sudah berbuat baik, belum tentu akan mendapatkan tanggapan yang baik pula. Pasti ada saja yang tidak suka atau mencela orang tersebut, baik atau buruk perbuatannya.

Baca juga: Macam-macam Bisnis Kuliner yang Sedang Marak di Tahun 2017

Intinya adalah, seseorang akan mendapatkan suatu kebahagiaan yang hakiki apabila terus merasa bersyukur terhadap apa yang sudah diberikan oleh Tuhan terhadapnya. Bukan mengeluhkan dan mendaftar apa saja yang belum dimilikinya. Nah, kalimat ini juga dapat menjadi contoh makna dari suatu kalimat bijak, yaitu ‘bersyukur merupakan cara mencapai kebahagiaan yang hakiki’.

Contoh lain dari kalimat bijak adalah ‘percayalah, hasil yang Anda peroleh tidak akan mengkhianati usaha yang telah Anda lakukan.’ Maksud dari kalimat ini adalah seberapa keras usaha Anda akan suatu hal akan terlihat dari hasil yang Anda peroleh di kemudian hari.

Sebagai contoh, seorang mahasiswa telah berusaha mengalokasikan waktunya selama 7 jam dalam sehari untuk belajar, maka hasil yang didapat berupa IPK yang memuaskan. Nah, itu dia ulasan mengenai kata – kata bijak beserta contohnya, semoga dapat menginspirasi Anda semua.