Makanan adalah olahan dari berbagai bahan yang bisa dikonsumsi baik itu bahan buah, sayur, nasi, kentang, umbi-umbian, dan macam bahan lainnya yang kemudian diolah demikian rupa untuk dapat menghidangkan suatu makanan. Harga makanan sendiri masih standard dimana untuk di restoran akan lebih mahal daripada ketika membuat sendiri. Akan tetapi ada juga beberapa makanan yang mempunyai harga mahal yang tidak dapat dibayangkan oleh orang awam sehingga sangat sayang untuk menyantap nya. Ada berbagai faktor makanan tersebut dapat berharga mahal, selain didapatkan dari tempat yang prestisius dan juga dibuat oleh koki yang terkenal. Salah satu rahasia makanan mahal lainnya adalah karena menggunakan bahan yang terpilih dan mahal sehingga membuat makanan juga akan mempunyai harga mahal. Untuk bahan makanan termahal di dunia yang harus Anda ketahui misalnya beberapa bahan seperti di bawah ini.

1. Jamur Matsutake

Jamur biasanya mempunyai harga yang sangat terjangkau di pasaran dan juga dapat untuk dinikmati dengan bebas. Walaupun mempunyai banyak sekali jenis yang bisa dimasak dan dihindari tetapi harga dari jamur ini sendiri masih tergolong normal. Tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk salah satu jenis jamur mahal ini yaitu jamur matsutake. Jamur yang berasal dari Jepang ini mempunyai harga yang mahal dimana untuk dapat menikmatinya Anda harus menyiapkan dana setidaknya 7 juta rupiah untuk satu kilonya. Sehingga tentu saja tidak semua orang tidak berani untuk membayar harga tersebut terutama untuk yang tidak terlalu hobi mengkonsumsi jamur. Harga mahal tersebut sendiri didapatkan karena susahnya mendapatkan jamur ini yang hampir punah sehingga harganya menjadi melambung tinggi.

2. Caviar

Merupakan jenis bahan makanan termahal di dunia yang memang terkenal makanan mewah dengan harga yang fantastis. Untuk dapat menikmati caviar ini hanya bisa didapatkan di restoran mewah yang terkenal dan juga akan mempunyai harga yang sangat mahal. Caviar yang notabennya merupakan telur ikan Beluga Strugeon ini memang sangat langka dan susah untuk mendapatkannya sehingga untuk satu kilo caviar dibandrol dengan harga yang sangat tinggi yaitu sampai ratusan juta rupiah.

Baca: Macam-macam Bisnis Kuliner yang Sedang Marak di Tahun 2017

3. Safron

Bahan yang langka lagi-lagi menjadi penyebab bahan yang satu ini menjadi sangat mahal harganya. Bahan yang biasanya digunakan untuk makanan timur tengah ini mempunyai harga sangat mahal karena hanya tumbuh dalam 7 hari selama satu tahun. Sehingga sangat susah untuk mendapatkannya, belum lagi dari 75 ribu bunga saffron yang ada hanya bisa menghasilkan 500 gram saffron sehingga membuat harganya wajar apabila melambung tinggi.

4. Kopi Luwak

Orang Indonesia tentu sudah akrab dengan jenis yang satu ini. Tetapi bukan kopi luwak yang telah menjadi sachet yang mudah didapatkan di Indonesia dengan harga murah tetapi biji kopi luwak yang asli yang diproses di dalam perut hewan luwak. Untuk para penikmatnya rasa kopi luwak ini sangat lezat dan tidak bisa dibandingkan dengan jenis kopi kafe lainnya sehingga mereka rela untuk membayar hingga 15 juta untuk satu kilo kopi luwak ini.

5. Truffle

Bahan makanan termahal di dunia yang terakhir ini juga datang dari spesies jamur langka. Dimana jamur ini tumbuh di daerah Piedmont Italia yang apabila dijual bisa dengan harga puluhan juta rupiah untuk satu kilogramnya. Jamur ini sendiri banyak digunakan untuk berbagai makanan khas Italia untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat ketika dimakan.