Untuk kalian para pemilik mobil, sudahkah mengasuransikan mobil Anda? Jika belum, sepertinya Anda harus segera mulai memilih asuransi untuk mobil kesayangan anda. Padatnya lalu lintas, tidak menentunya cuaca, masih sering terjadinya pencurian mobil, membuat mobil Anda perlu perlindungan materi, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya-biaya tak terduga saat hal-hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi. Untuk itulah mengapa kalian para pemilik mobil wajib mengetahui asuransi mobil terbaik untuk dipilih.

Beberapa tahun belakangan, seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap mobil, maka meningkat pula penawaran jasa asuransi mobil dengan penawaran yang beragam. Berbagai macam keuntungan ditawarkan dengan syarat dan ketentuan yang berbeda-beda terkadang membuat kita malah semakin bingung untuk memilih. Berikut kiat-kiat untuk para pemilik mobil agar mengetahui asuransi mobil yang terbaik sehingga tidak perlu bingung lagi memutuskan :

Ketahui Keadaan Kendaraan Anda dan Jenis Asuransi Mobil

Ini merupakan hal pertama dan paling penting yang harus Anda perhatikan, yaitu keadaan mobil Anda saat ini. Anda harus mengetahui kondisi mesin, kondisi eksterior, serta usia mobil anda. Setelah mengetahui kondisi mobil dengan baik dan teliti. maka Anda dapat dengan mudah memilih jenis asuransi yang tepat untuk mobil Anda.

Misalnya asuransi jenis TLO atau Total Lost Only. Asuransi ini hanya menjamin kerusakan kendaraan yang terjadi diatas 50% hingga 80% tergantung kebijakan perusahaan asuransi. Artinya, kecelakaan kecil seperti body yang penyok tidak akan dijamin oleh asuransi. Jika Anda hanya membutuhkan asuransi seperti ini, keuntungannya adalah biaya yang dikeluarkan akan lebih kecil untuk membayar asuransi.

Jenis asuransi lainnya adalah All Risk atau Comprehensive, yang artinya hampir semua resiko yang mungkin terjadi pada kendaraan Anda akan dijamin oleh perusahaan asuransi. Meskipun begitu, akan selalu ada pengecualian dalam polis asuransi yang perlu Anda pahami sejak awal agar berbagai hal tersebut tidak menimbulkan kerugian untuk Anda. Anda juga perlu mengetahui keuntungan jenis asuransi yang diberikan.

Cari Informasi Pembanding

Setelah mengetahui keadaan mobil saat ini, Anda juga harus memahami jenis asuransi yang tepat untuk keadaannya. Maka saatnya untuk mencari penyedia jasa yang tepat. Carilah informasi sebaik-baiknya mengenai syarat dan ketentuan asuransinya, lihatlah nilai premi yang harus anda bayarkan setiap bulannya. Jangan memaksakan diri untuk memilih asuransi dengan premi yang mahal, memilih asuransi mobil terbaik bukan berarti memilih yang paling mahal.

Pertimbangkan Beberapa Hal Ini

Bicara asuransi maka anda membeli sebuah jasa keuangan. Anda harus memilih secara tepat, pilihlan perusahaan yang memiliki kredibilitas dan rekam jejak yang baik sebagai perusahaan asuransi.

Anda juga bisa memantau pelayanannya melaui situs ataupun media sosial perusahaan asuransi tersebut, apakah mereka merespon komplain dari masyarakat dengan baik dan cepat. Sebagai perusahaan jasa, perusahaan asuransi normalnya akan sangat memperhatikan pelayanannya kepada customer dan mempertahankan nama baiknya. Apabila media sosialnya terlihat tidak ramah dan informatif, maka sebaiknya Anda berpikir ulang.

Selain itu, Anda juga bisa menjatuhkan pilihan pada perusahaan asuransi kendaraan bermotor yang memiliki fasilitas pendukung seperti mobil derek, ambulans, bengkel dan mobil pengganti. Dengan fasilitas pendukung ini, perusahaan tersebut akan lebih cepat permasalahan yang terjadi.

Nah! Itu dia tadi tips-tips dan langkah bagaimana mengetahui dan menemukan asuransi mobil terbaik untuk mobil kesayangan Anda. Dengan demikian Anda bisa lebih tenang menjalani kehidupan bersama mobil Anda, asuransi terbaik yang Anda pilih akan memproteksi mobil anda secara tidak langsung,