Perumahan murah membuat siapa saja tergiur bukan? Selain karena harga tanah yang semakin mahal, properti nampaknya juga seolah tidak mau kalah. Perumahan yang murah sangat cocok dan pasti dicari – cari para pemburu rumah dengan modal yang terbatas. Setidaknya, agar biaya cicilan yang akan dibayarkan menjadi lebih sedikit.

Bagi yang belum menikah, mereka dapat berinvestasi dengan memiliki perumahan pribadi. Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf pembuka, bahwa harga properti semakin meningkat seiring bergantinya tahun. Harga tanah pun juga demikian, selalu mengalami peningkatan. Maka, bukankah ini merupakan investasi yang menguntungkan?

Baca juga: Mengenal Seperti Apa Take Over KPR Bunga Rendah Itu

Di samping nilai keuntungan, Anda juga akan terlihat sangat bergengsi apabila di usia belia sudah memiliki aset perumahan pribadi. Bagi para laki – laki single, tentu akan dilirik oleh banyak wanita dan diidamkan calon mertua. Sementara bagi kaum hawa, Anda akan menunjukkan level Anda di mata para pria.

Berikut ini terdapat beberapa tips yang sebaiknya dipahami bila Anda ingin berburu perumahan murah.

Tips Mencari Perumahan Murah

Pertama, pastikan atau setidaknya sebisa mungkin perumahan yang Anda miliki nantnya sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah. Pemerintah seringkali mengadakan program perumahan yang bersubsidi sehingga memudahkan para calon pembeli karena harga yang ditawarkan juga lebih murah.

Baca juga: Mendapatkan Pinjaman, Kini Bisa Didapat dari Situs Kredit Online

Umumnya, kemudahan yang ditawarkan pemerintah pada program perumahan bersubsidi ini antara lain, angsuran cicilan yang murah, tidak memberlakukan down payment atau dp di muka, serta tidak mengharuskan kelengkapan administrasi yang menyulitkan sebagai syarat untuk mengangsur cicilan nantinya.

Tentunya Anda harus pintar – pintar mencari program perumahan bersubsidi yang murah ini karena kesempatan belum tentu datang dua kali, terlebih bila Anda sudah sangat membutuhkan hunian baru dengan budget yang sangat terbatas.

Baca juga: Memahami Konsep Manajemen Keuangan dengan Cerdas, Berikut 5 Kiat Mencapainya!

Kemudian, Anda juga harus memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar perumahan yang akan Anda beli. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang murah, ternyata perumahan tersebut berada di kawasan yang sering terkena banjir. Perhatikan pula apakah perumahan tersebut dekat dengan rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah, dan fasilitas umum lainnya.

Anda juga perlu mempertimbangkan kondisi perumahan yang berada di lingkungan sepi akan tetapi memiliki potensi untuk ramai di masa yang akan datang. Pintar – pintarlah untuk mencari daerah yang memiliki potensi tersebut sehingga selain mendapatkan harga yang murah, Anda juga dapat menikmati hidup di perumahan tersebut.

Baca juga: Perlu Pinjaman Uang Tunai Cepat? Inilah Tempat yang Tepat untuk Anda!

Sebaiknya, Anda menjauhi perumahan yang menggunakan sistem KPR konvensional dan mulailah beralih ke KPR yang syar’i. Karena selain merugikan, sistem KPR juga tidak dibenarkan dalam satu ajaran tertentu. Bukankah dengan membayar cicilan tanpa bunga akan lebih ringan bagi Anda? Jadi, Anda bisa mengalokasikan sisanya untuk kebutuhan penting lainnya.

Terakhir adalah, jangan menunda – nunda dan segeralah melakukan transaksi pembelian perumahan yang murah. Sebelumnya sudah diulang berkali – kali bukan, bahwa seiring bergantinya waktu, dari tahun ke tahun harga perumahan akan semakin naik, bukannya semakin menurun.

Jadi, bila Anda menunda untuk membeli perumahan pribadi, bisa jadi Anda menyesal di kemudian hari karena harganya akan menjadi tidak murah lagi. Lagipula, bila Anda memiliki uang, alangkah lebih baik untuk diinvestasikan dalam bentuk yang menguntungkan, seperti perumahan dibandingkan untuk memuaskan keinginan masa muda Anda.

Baca juga: Pinjaman 1 Hari Cair, Banyak Keuntungan yang Akan Anda Dapatkan!

Cermatlah dalam memilih perumahan yang murah namun tidak murahan. Periksa setiap detail yang ada, seperti ketersediaan air bersih, kondisi keamanan, lingkungan sekitar, dan lain sebagainya. Demikian pembicaraan beserta tips dalam memilih perumahan murah namun tidak murahan. Semoga dapat bermanfaat khususnya bagi Anda pemburu perumahan murah.